Destinasi Wisata di Dataran Tinggi Dieng

10 May 2014

Pesona ke-Eksotisan Dataran Tinggi Dieng

gapura-dieng

datarang tinggi dieng

Lokasi Dataran Tinggi Dieng

Peta Kabupaten Wonosobo

Dataran yang terletak pada 2000 mdpl ini berada di wilayah Kabupaten Wonosobo Jawa tengah. Karena letak geologisnya tersebut, di dataran ini suhunya sangat dingin dan bahkan bisa mencapai suhu 0 derajat celcius di waktu pagi hari. Mungkin kalau yang pernah ke gunung Bromo, suhunya hampir sama lah kaya disini. Daerah ini sesungguhnya merupakan kaldera gunung yang ada disekitarnya, jadi pada daerah ini banyak terdapat kawah-kawah yang sebagian di antaranya masih aktif. Sekitar bulan September tahun 2013 lalu pernah gencar diberitakan bahwa di lokasi ini terjadi aktivitas kawah-kawah vulkanik di Dieng yang mengeluarkan gas CO2 berkonsentrasi tinggi sehingga disebut sebagai daerah berbahaya. Namun meski begitu sekarang tempat ini sudah aman untuk di buat tempat wisata.

Beberapa tempat destinasi wisata di Dataran Tinggi dieng adalah:

1. Telaga Warna

a4089e3b97e78829b6d5004c94bfc68d_twww

Kecamatan Kejajar Wonosobo merupakan lokasi Telaga Warna ini berada. Karena Keindahan Pesona Almnya, tak heran jika Telaga Warna yang berada di Dieng ini merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jarak objek wisata Telaga Warna dengan Wonosobo sekitar 26 Km dapat ditempuh dengan rute Arah utara kota Wonosobo, dengan menggunkan bus jurusan Wonosobo Dieng Batur. Seperti nama tempatnya, keunikan yang dimiliki telaga ini terletak pada warna airnya. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni mirip pelangi, hal ini dikarenakan Telaga Warna memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi.
Untuk mengakses Objek Wisata Telaga Warna dari jogja dapat ditempuh selama + 3jam perjalanan dapat melewati jalur dari arah Purworejo mapun dari Temanggung Jawa Tengah.
Karena pesona keindahan alamnya yang tak dapat diragukan lagi, Objek Wisata Telaga Warna banyak dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Disamping itu hawa udaranya yang segar.Melihat Telaga Warna yang hijau toska rasanya seperti tersihir dan terhipnotis. Benar-benar seperti memasuki dunia khayalan penul misteri, ditambah sulur-sulur akar pohon menjulur ke tengah telaga terlihat layaknya seekor naga. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, dahulu ada cincin bertuah milik seorang bangsawan jatuh ke dalam telaga, sehingga mengakibatkan warna-warni di telaga tersebut.Tapi secara ilmiah Telaga Warna adalah danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang, jika kena sinar matahari akan memantulkan warna karena kandungan mineralnya. Foto dari berbagai angle pun hasilnya fantastis loh. Telaga warna inipun dapat berubah warna, ketika saya ke telaga warna, saya melihat warna telaga tersebut hijau, kuning, biru, dan ungu.
Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan berada di tempat ketika kita bisa kembali ke alam….

2. Bukit Si kunir (Melihat Golden Sunrise)

a5e99ad98b5e8bc1857eb5f2e3d3f97b_img_1694

Jika anda ingin melihat sunset yang indah, tentulah pantai adalah spot terbaik untuk menikmatinya. Nah, kalau soal spot terbaik untuk menikmati sunrise, Bukit “si kunir” inilah salah satu spot terbaik di Indonesia. Bukit sikunir tepat berada di salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu desa Sembungan. Selain sunrise nya yang mempesona, landscape yang ditampilkan saat pagi hari cerah begitu memukau, kabut disekitar bukit yang disinari cahaya matahari yang akan terbit terlihat begitu indah dan berwarna keemasan, sungguh landscape yang luar biasa indah, maka dari itu tak heran sunrise di Sikunir dikenal dengan Golden Sunrise.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan kaki dari desa terdekat di pagi hari yang cukup dingin untuk dapat menikmati keindahan sunrise di bukit Sikunir, perjalanan yang tak telalu melelahkan tersebut dibayar lunas oleh moment-moment tak terlupakan di Sikunir. Dan begitulah orang mengagumi keindahan sunrise di Bukit Sikunir Dieng, mengunjungi Dieng tanpa menyaksikan sunrise di Sikunir belum lah lengkap.
si kunir

sunrise-sikunir3. Sumur Raksasa Jalatunda

Sumur Jalatunda ini memiliki luas sekitar 90 m dan kedalaman sekitar 200 m. karena hal itulah sumur ini menjadi suatu fenomena unik dan langka yang mampu menarik banyak pengunjung.
Sumur ini memiliki sejaran dan mitos sendiri menurut masyarakat sekitar. Menurut cerita Sumur Jalatunda yang di ambil dari Cerita Pewayangan yang di sebut sebagai Bumi Sapta Pratala ( Bumi Lapis Tujuh ). Di mana dalam Tokoh Pewayangan seperti Nagagini, Antareja dan Antaboga Bersemayam di dalamnya.Mitos yang berada di Sumur Raksasa Jalatunda yang konon katanya barang siapa dapat Melempar Batu hingga ke ujung dinding sumur maka, cita- cita atau harapannya akan tercapai.

Cerita tersebut juga di awali ketika kita berkunjung menaiki Anak Tangga yang menuju ke kawasan sumur yang terkadang selisih jumlah sehingga kita harus menghitung kembali sesuai dengan namanya Jalatunda yaitu berasal dari kata Jala dan Tunda.

Dan di ibaratkan semua keinginan kita dapat tertunda bila menghitung anak tangga dan melempar batu tidak sampai ke ujung sumur .
Terlepas dari cerita tersebut , Wisatawan akan di suguhi Pemandangan yang indah di sekitar Area Sumur Jalatunda Dieng yang berjarak 7 km dari Objek Wisata inti Di Dieng Plateau . Anda tertarik mencoba?

06f4833819e1075fb4b31376915d7fc6_sumurjalatundaSelain beberapa tempat destinasi wisata dataran tinggi dieng tersebut, ada tempat lain yang bisa dikunjungi seperti Candi Dieng, Kawah Dieng, serta gunung didataran tinggi Dieng seperti Gunung Prau dan bukit Pangonan.

Selain menawarkan berbagai macam keindahan wisata alamnya, ada tanaman khas Dieng yang memang hanya ada di Dieng. Tanaman buah tersebut adalah carica. CARICA ,buah yang memiliki nama latin Carica Pubescens ini masuk dalam golongan famili Pepaya. Hanya saja,bertolak belakang dengan Pepaya yang biasa hidup ditempat panas , justru Carica hanya bisa tumbuh ditempattinggi dengan suhu udara relatif dingin. Oleh karenaitu, buah ini banyak tumbuh di Dataran Tinggi Dieng.

98d8a3f6baf63d6a795a85ada36c3a18_caricaJika anda berniat untuk membeli oleh-oleh khas Dieng, manisan Carica yang sudah dikemas didalam botol maupun botol plastik bisa jadi alternatif pilihan oleh-oleh anda. Rasanya khas dan manis.

Wisata Dataran tinggi Dieng ini menawarkan tempat-tempat wisata yang cukup banyak dan lengkap bukan.
Sekali lagi, sungguh Indonesiaku ini Indah…



TAGS dieng gunung dieng wisata gunung dieng si kunir bukit si kunir wisata gunung Pesona dieng


-

Author

Follow Me