Pulau Derawan, Surga Kecil Kalimantan Timur

30 Dec 2013

Letak Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di Kalimantan Timur tepatnya di kabupaten Berau. Derawan sesungguhnya adalah bentuk kepulauan yang terdiri dari 31 pulau. Namun beberapa pulau yang sudah banyak dikenal baik oleh orang adalah pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

derawan1

Titik Selam Pulau Derawan

Disekitar Kepulauan ini memiliki sekitar 28 titik selam yang telah teridentifikasi, serta sangat indah dan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jika berminat mengunjungi semua titik selam tersebut, membutuhkan waktu sekitar 10 hari dengan satu kali menyelam tiap titiknya. Untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lain bisa menggunakan kapal.

Seorang peneliti dari museum tropis queensland, Australia bernama Dr. Carden wallace pernah meneliti kekayaan laut pulau derawan dan menjumpai lebih dari 50 jenis arcropora (hewan laut) dalam satu terumbu karang. Tak terlalu berlebihan bila pulau derawan terkenal sebagai urutan ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional.

Terumbu karang di kepulauan derawan tersebar luas pada seluruh pulau dan gosong yang ada di kepulauan derawan. Gosong-gosong yang ada di kepulauan ini diantaranya gosong pulau panjang, gosong masimbung, gosong buliulin, gosong pinaka, gosong tababinga dan gosong muaras.

Jenis-jenis terumbu karang di Kepulauan Derawan terdiri dari karang tepi , karang penghalang dan atol . Atol ini telah dibentuk menjadi sebuah pulau dan menjadi danau air asin dan memiliki 460-470 jumlah spesies menunjukkan bahwa ini adalah keanekaragaman hayati kekayaan , memberikan tingkat tertinggi kedua di dunia keanekaragaman karang keras setelah Kepulauan Raja Ampat di Kawasan Timur Indonesia .

Yang Unik di Pulau Kakaban

Bagian dari kepulauan Derawan yang tak kalah eksotis yaitu Pulau Kakaban. Pulau tak berpenghuni ini, selain menyajikan pemandangan alam, menyuguhkan keindahan salah satu biota laut langka. Pulau dengan struktur batu karang ini memiliki sebuah danau yang isinya ubur-ubur atau jelly fish tanpa sengat. Jadi pengunjung bisa berenang sambil bermain dengan ubur-ubur. Jangan khawatir, menyentuh hewan lembut ini tak akan menyakitkan atau menimbulkan gatal seperti ubur-ubur pada umumnya. Jarang-jarang kan hewan lucu ini bisa disentuh. Jadi kalau pas liburan kesini jangan lewatkan keajaiban hewan kecil ini.

2cb611fd930926ec5819b4ef554208c0_7

Cara Menjangkau Pulau Derawan

Untuk menjangkau Pulau Derawan, ada beberapa jalur perjalanan yang bisa kita pilih. Ada yang menyukai petualangan? Maka rute yang tepat adalah memulainya dari Balikpapan atau Samarinda, menempuh perjalanan darat ke Tanjung Batu, Berau lalu menyeberang. Untuk rute ini, kita akan melalui jalan darat yang lumayan berat melewati jalur transmigran, areal jalan perusahaan tambang dan membutuhkan waktu cukup lama. Dari Balikpapan ke Sangatta sekitar 8-10 jam, dan itu hanya setengah perjalanan saja karena masih harus menempuh perjalanan antara Sangatta Tanjung Redep, Berau.
Untuk yang ingin lebih mudah dan Anda bisa memilih jalur terbang Jakarta-Tarakan dan menyeberang denganspeedboat dari pelabuhan laut Tarakan ke Tanjung Batu lalu ke Pulau Derawan. Menyewaspeedboat adalah alternatif terbaik untuk mencapai tempat itu tanpa banyak menunggu.

derawan

Semoga Bermanfaat :)

(dari berbagai sumber)


TAGS derawan wisata derawan wisata kakaban


-

Author

Follow Me